Selasa, 26 Juli 2011

Kebangkitan Baru Dunia Islam


KEBANGKITAN BARU DUNIA ISLAM
          Benih pembaharuan dunia Islam sebenarnya telah muncul sekitar abad XIII M. Ditengah kekuasaan bangsa Mongol atas Islam dibawah komando Hulaghu khan, Taqiyyudin Ibnu Taimiyah dilahirkan di kota Harran-Siria (1263-1328). Kelak setelah Ibn Taimiyah berkembang menjadi seorang yang alim, ia sangat peduli terhadap nasib umat islam. Beliau didukung dengan kehadiran seorang murid, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (691-751 H). kedua tokoh ini dikenal sebagai tokoh yang pertama kali memurnikan ajaran islam (Tajdid) dari berbagai keyakinan, dan perbuatan yang dapat merusak sendi-sendi islam. Adapun ciri-ciri khas aliran yang dikembangkan beliau :
1.      Memberi ruang dan peluang ijtihad di dalam berbagai kajian keagamaan yang berkaitan dengan muamalah duniawiyah
2.      Tidak terikat secara mutlak dengan pendapat-pendapat ulama-ulama terdahulu
3.      Memerangi orang-orang yang menyimpang dari aqidah kaum salaf, seperti kemusyrikan, khurafat, bid’ah, taqlid, dan tasawul. Juga terhadap orang-orang yang mengaku sebagai orang sufi dan filsuf yang terang-terangan sudah menyalahi dan menyimpang dari prinsip-prinsip aqidah islamiyah
4.      Kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah sebagai sumber utama ajaran Islam.
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah wafat pada tanggal 20 Dzulqaidah 728 H 27 September 1328 M.
            Pada tahun 1703, seorang ulama besar dilahirkan di Uyainah sebuah dusun di Najed bagian timur Saudi Arabia. Beliau akrab dipanggil Muhammad bin Abdul Wahhab. Beliaulah perintis paham Wahabi. Gerakan ini juga dinamakan Gerakan Muwahhidin, yaitu suatu gerakan yang bertujuan untuk mensucikan dan meng-Esakan Allah SWT dengan semurni-murninya, mudah dipahami dan diamalkan seperti yang dibawa oleh Rasulullah SAW.
Gerakan ini merupakan mata rantai yang kedua dalam jajaran gerakan pembaruan dalam islam, karena gerakan ini memiliki bahkan mengaktualisasikan secara konkrit ruh, jiwa dn semangat gerakan  Taqiyyudin Ibn Taimiyah. Bahkan pada zaman inilah sepenuhnya dapat terealisasikan pemikiran-pemikiran Taqiyyudin Ibn Taimiyah. Pokok-pokok ajaran Wahhabi:
1.      Meneruskan perjuangan Taqiyyudin Ibn Taimiyah
2.      Satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu masalah tauhid yang sangat ditekankan.
a.       Penyembahan kepada selalin Allah SWT, dan siapa yang berbuat demikian dibunuh
b.      Orang yang  mencari ampunan Tuhan dengan mengunjungi kuburan orang shaleh, adalah syirik
c.       Memberikan pengantar dalam shalat terhadap nama-nama nabi atau wali atau malaikat (seperti sayyidina Muhammad), merupakan syirik
d.      Mengingkari Qadar dalam semua perbuatan, dan penafsiran Al-Qur’an dengan jalan takwil, termasuk kufur dan ilhad
e.       Memberikan suatu ilmu tanpa didasarkan pada Al-Qur’an dan Sunnah, atau bersumber pada akal semata, adalah kufur
f.       Dilarang memakai buah tasbih dalam mengucapkan berdzikir dan berdo’a, cukup dengan buku-buku jari
g.      Sumber syari’at Islam hanyalah Al-Qur’an semata dan Sunnah sebagai penjelasnya. Ijtihad apabila tidak didasarkan pada keduanya tidak boleh dipakai sebagai dasar syari’at islam
h.      Pintu ijtihad terbuka selebar-lebarnya bagi siapapun jika sudah memenuhi syarat-syaratnya.

I.        MESIR
1.     Gerakan Salafiah
Sayyid Jamaluddin Al-Afghany (1838-1897). Beliau dilahirkan di As’ad Abad (Afghanistan). Beliau adalah tokoh pemikir Islam, penggagas gerakan salafiyah.
Beliau pertama kali belajar agama pada ayahnya Sayyid Shaffar (pengusaha terkenal, sekaligus seorang alim).
Pada usia 16 tahun beliau dikirim untuk belajar ke India (yang pada waktu itu berada di bawah jajahan Inggris). Beliau sangat mengutuk aksi penjajahan yang dilakukan oleh Inggris. Dari hal inilah timbul pemikiran beliau bagaimana caranya mengembalikan jati diri Islam.
          Beliau menyelesaikan study di India dan segera kembali ke Afghanistan. Beliau segera terjun ke kancah politik. Dalam waktu singkat beliau sudah cukup dikenal sebagai tokoh populer di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan beliau sanag pantang melacurkan prinisip-prinsip islam, walaupun ditukar dengan segala kemewahan dunia.
Semua itu akhirnya membuat para penguasa sangat risau akan kehadiran beliau dikancah politik waktu itu. Beliau akhirnya diusir.
Beliau pergi ke Mesir pada tahun 1877. Disini beliau mendapatkan seorang sahabat yang sekaligus menganggap beliau sebagai seorang guru. Orang itu adalah Muhammad Abduh muda (Mahasiswa Al-Azhar). Pada pertemuan pertama beliau terlibat suatu diskusi bersama Abduh mengenai Islam terutama dalam bidang imu tasawuf dan tafsir Al-Qur’an.
Muhammmad Abduh merasa sangat kagum dengan kearifan beliau, luasnya ilmu, dan cara-cara berpikir yang modern dari beliau. Sejak saaat itulah Muhammad Abduh selalu berada disisi beliau, sekaligus menjadikan beliau sebagai seorang guru dan panutan.

Syaikh Jamaluddin Al-Afghany, dan Syaikh Muhammad Abduh berbeda pendapat dalam menyikapi masalah Islam pada masa itu.
Syaikh Jamaluddin Al-Afghany berpendapat bahwa langkah pertama yang harus dilakukan umat Isam adalah “jihad”, berjuang dengan cara-cara Islam, dengan segala resikonya, agar kekuasaan politik dapat direbut.
Menurut Syaikh Muhammad Abduh, politik biasanya menggunakan prinsip cendrung Machiavellis (dimana dalam upaya mencapai tujuan tidak mengindahkan norma-norma, etika agama). Inilah “la’natulllahi ‘ala assyiasah”(laknat Allah terhadap politik). Hal ini bukan berarti beliau alergi politik, hanya saja politik seperti yang dipraktekkan Rasulullah SAW yang akan beliau ikuti. Menurut beliau langkah I yang harus dilakukan sekarang adalah melalui lembaga-lembaga pendidikan dengan melahirkan kader-kader pembaharu Islam.
Pada tanggal 23 September 1897 Syaikh Jamaluddin Al-Afghany pergi ke London, dan segera berkirim surat kepada sahabat beliau Syaikh Muhammad Abduh. Namun setelah beberapa lama di Inggris beliau merasa tidak kerasan. Beliau akhirnya pindah ke Perancis. Perancis merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, dan hak-hak asasi manusia.
Syaikh Muhammad Abduh menjawab panggilan beliau, dan segera pergi ke Perancis. Di sini beliau berdua mendirikan perhimpunan “Al-Urwatul Wustqa”(tali persaudaraan yang kokoh). Dan juga menerbitkan majalah Al-Urwatul Wustqa.
Lewat majalah inilah kedua tokoh itu menyebarlusakan ide-ide pembaharuan ke seluruh dunia Islam. Cita-cita Syaikh Jamaluddin Al-Afghany untuk menggalang persatuan dan kesatuan umat Islam seluruh dunia dinamakan “Pan-Islamisme”.
Majalah ini diterima dengan positif oleh semua negara-negara Islam waktu itu, begitupun dengan Indonesia. Namun pada akhirnya pemerintah Perancis melarang penerbitan majalah ini, karena dirasakan meresahkan penguasa. Inggrispun memberikan reaksi keras terhadap majalah ini. Akhirnya pada penerbitan ke 18, itulah hari terakhir bagi majalah Al-Urwatul Wustqa.
          Syaikh Jamaluddin Al-Afghany kembali ke Najed, kemudian pindah ke Iran, dan terakhir di Turki. Dalam usia 58 tahun beliau mengidap penyakit kanker, dan menghadap Yang Maha Kuasa pada tangal 9 maret 1897.
Sementara Syaikh Muhammad Abduh pergi menuju Beirut. Disinilah beliau memulai perjuangan baru. Selama bersama Syaikh Jamaluddin Al-Afghany, perjuangan beliau lebih ke arah politik, namun sekarang beliau lebih menitik beratkan pada masalah pendidikan. Beliau diterima menjai guru di Madrasah Sultaniyah. Diantara murid beliau Amir Syakib Arslan , dan Rasyid Ridha. Pada tahun 1889 beliau kembali ke Mesir. Jabatan yang pertama diberikan oleh pemerintah kepada beliau adalah hakim. Karier puncak beliau adalah sebagai mufti kerajaan Mesir, beliau wafat pada tahun 1905.
          Gerakan ini akhirnya dilanjutkan oleh Syaikh Rasyid Ridha (1865-1935). Beliau dilahirkan di Lebanon. Adapun pemikiran-pemikiran beliau daa pembaharuan Islam dapat dikatakan sama dengan pemikiran-pemikiran Syaikh Jamaluddin Al-Afghany dan Syaikh Muhammad Abduh.
Dalam tulisan-tulisannya beliau banyak menyerang pemerintahan absolut Turki Usmani, bahkan tak jarang juga beliau terang-terangan menghantam politik Inggris dan Perancis yang telah membagi-bagi dunia Arab di bawah kekuasaan mereka.
Pokok-pokok pikiran pembaharuan beliau sebagai berikut :
1.      Paham umat Islam tentang agamanya serta tingah laku mereka banyak yang telah menyeleweng dari ajaran Islam sebenarnya. Umat Islam harus dibimbing kembali ke ajaran Islam yang suci murni
2.      Agar segera terwujud kesatuandan persatuan umat Islam, janganlah didasarkan pada persatuan bangsa atau bahasa, tetapi berdasarkan persatuan iman dan isam.disamping itu dianjurkan kepada umat islam untuk menjaga kerukunan atas dasar penuh toleransi, sekalipun dalam mazhab yang berbeda
3.      Kaum wanita harus diikutsertakan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan
4.      Sebagian paham dan ajaran kaum sufi memperlemah agama Islam karena melalaikan tugas kewajibannya diatas dunia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar